Imam Syafi’i berkata: Telah ditetapkan dari Rasulullah SAW tentang aturan zakat kambing yang insya Allah aturannya adalah apa yang akan saya sebutkan berikut ini: Kambing-kambing belum wajib dizakati sebelum mencapai jumlah 40 ekor. Apabila telah mencapai 40 ekor,maka zakatnya adalah 1 ekor kambing. Kemudian apabila kambing- kambing tersebut bertambah banyak, maka tidak ada tambahan zakat sebelum mencapai 121 ekor.

Apabila telah mencapai 121 ekor, maka zakatnya adalah 2 ekor kambing. Kemudian apabila kambing-kambing tersebut bertambah banyak, maka tidak ada tambahan zakat sebelum mencapai jumlah 201 ekor. Apabila telah mencapai 201 ekor, maka zakatnya adalah 3 ekor kambing. Kemudian apabila kambing-kambing tersebut bertambah banyak, maka tidak ada tambahan zakat sebelum mencapai 400 ekor. Apabila sudah mencapai 400 ekor, zakatnya adalah 4 ekor kambing.

Setelah mencapai jumlah ini (400 ekor) maka gugurlah (tidak berlaku) kewajiban zakat jenis pertama. Kambing yang sudah mencapai jumlah 400 ekor lebih, cara penghitungan zakatnya adalah setiap bertambah 100 ekor, zakatnya adalah 1 ekor kambing dan begitu seterusnya. Dalam pengambilan zakat kambing tersebut, yang memilih adalah petugas bukan pemilik kambing.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *