Siapakah yang Dirindukan Rasulullah SAW?

Tahun 1441 Hijriah ini tampak berbeda. Biasanya Yayasan Bumi Al-Qur’an selalu memperingati Tahun Baru Hijriah, dengan semarak dan beragam kegiatan. Namun, tahun ini dilakukan biasa-biasa saja. Hanya doa bersama dan beberapa perlombaan saja.

Sebenarnya kami sudah mengkonsep beragam kegiatan, namun suatu malam, saya bermimpi. “Ghozali, besarkan Maulid. Muharram biasa-biasa saja.”  Sontak, saya pun bangun dan segera menginstruksikan untuk membesarkan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Logika kami pun berjalan, tanpa kehadiran Rasulullah SAW, tidak akan ada Hijrah. Tanpa Hijrah, tidak akan ada Kalender Hijriah.

Mimpi itu terus terngiang, siapa yang memberikan perintah? Ku ucapkan terus Shalawat atas Nabi. Hingga menemukan konsep, Maulid Akbar untuk Rasulullah SAW dan Ummatnya. Dengan cara doa bersama dan membaca Shalawat sebanyak-banyaknya.

Shalawat atas Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk memohonkan Keselamatan bagi Nabi Muhammad SAW. Perintah dalam Al-Qur’an pun jelas, dalam surat Al-Ahzaab ayat 56, yang berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Rasulullah SAW pun menguatkan dengan sabdanya:
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً، صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا
“Barang siapa bershalawat kepadaku sekali, maka Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Para ulama sepakat, bahwa makna “Allah bershalawat kepadanya” bermakna, Allah akan memberikan rahmat dan pertolongannya, bagi siapapun yang bershalawat untuk Rasulullah SAW.

Untuk itu, bershalawat atas nabi Muhammad SAW, sebuah amalan yang begitu agung. Namun, mimpi itu terus terngiang. Hingga akhirnya, terbesit kisah Rasulullah SAW saat berbincang dengan Abu Bakar dan beberapa sahabatnya.

Rasulullah SAW berkata, “Wahai Abu Bakar, aku begitu rindu ingin bertemu dengan saudara-saudaraku.” Suasana di majelis itu hening sejenak. Terlebih Abu Bakar. Itulah pertama kalinya dia mendengar pengakuan Nabi. “Apakah maksudmu berkata demikian, wahai Rasulullah? Bukankah kami ini saudara-saudaramu?”tanya Abu Bakar. “Tidak, wahai Abu Bakar. Kamu semua adalah sahabat-sahabatku tetapi bukan saudara-saudaraku.” jawab Rasul. “Kami juga saudaramu, wahai Rasulullah,” kata seorang sahabat yang lain.

Rasulullah menggeleng-gelengkan kepalanya perlahan-lahan sambil tersenyum. Kemudian Nabi bersabda: “Saudara-saudaraku adalah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku dan mereka mencintai aku melebihi anak dan orang tua mereka. Mereka itu adalah saudara-saudaraku dan mereka bersama denganku. Beruntunglah mereka yang melihatku dan beriman kepadaku dan beruntung juga mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah melihatku.” (HR. Muslim)

Untuk itu, Maulid Akbar ini, juga menjadi ajang saling mendoakan antar Ummatnya. Lebih jauh lagi, Maulid Akbar adalah ekspresi Syukur atas Kelahiran Rasulullah SAW ke dunia ini. Beliau adalah sebaik-baiknya manusia, sebaik-baiknya Nabi dan Rasul, penyempurna seluruh syariat sebelumnya, dan ummatnya adalah sebaik-baiknya Ummat. Berbahagialah kita, bersyukurlah kita, telah ditakdirkan Allah SAW lahir di muka Bumi ini, menjadi Ummat Rasulullah SAW.

Mari bersama, turut serta dalam acara ini. Insya Allah akan diselenggarakan pada Ahad, 3 November 2019 mulai Ba’da Ashar di Asemrowo, Surabaya. Diawali dengan Doa Bersama serta Santunan Anak Yatim dan Dhuafa’. Yang belum bisa hadir, bisa menulis nama-nama keluarga, baik yang laki-laki dan perempuan, serta bisa juga menuliskan hajat khusus. Akan dibacakan saat acara, dan diaminkan jama’ah, terutama masyarakat dhuafa dan anak Yatim. Marilah, berbahagia bersama Rasulullah SAW. Untuk mengisi Formulir Do’a Bersama bisa tekan:

Niatkan juga untuk bisa senantiasa ber-WAKAF.  
Niat Baik ini telah dinilai dengan AMAL BAIK.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *