Problem Solving

Kenapa aku diuji?

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan; “Kami telah beriman,” sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta,” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

Apa saja bentuk ujiannya?

“Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah: 155)

Mengapa ujianku seberat ini?

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” (QS. al-Baqarah: 286)

Bagaimana cara menghadapi ujian ini?

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu (menghadapi segala kesukaran dalam mengerjakan perkara-perkara yang berkebajikan), dan kuatkanlah kesabaran kamu lebih daripada kesabaran musuh, di medan perjuangan), dan bersedialah serta bertakwalah kamu kepada Allah supaya, kamu berjaya (mencapai kemenangan),” (QS. Ali-Imran: 200)

Kapan ujian ini berakhir?

“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” (Al- Insyirah: 6)

Kenapa aku tidak dapat apa yang aku inginkan?

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui,” (QS. al-Baqarah: 216)

Kenapa aku merasa lemah dan bersedih hati?

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi darjatnya, jika kamu orang-orang yang beriman,” (QS. Ali-Imran: 139)

Kepada siapa aku berharap?

“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. Hanya kepadaNya aku bertawakal,” (QS At-Taubah: 129)

Bagaimana caraku berharap?

“Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Wahai Muhammad) tentang Diriku, maka jawablah, bahwa Aku ini dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaknya mereka itu memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka yakin kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al-Baqarah: 186)

Adakah Jalan Keluar yang cepat?

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia (Allah) akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia (Allah) telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Ath Thalaq: 2-3)

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Bismillah
    Ngaji online
    Semoga Bumi Al-Quran semakin memberi manfaat untuk ummat
    Dan semoga para pengelola mendapat berkah
    Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *