Hal Yang Pertama Kali Dilakukan Ketika Thawaf

Imam Syafi’i berkata: Disunahkan bagi orang yang thawaf untuk memulai thawaf dengan menyentuh Hajar Aswad, lebih baik lagi apabila dia mencium Hajar Aswad itu. Apabila dia hanya mampu menyentuh dengan tangannya, maka disunahkan baginya untuk mencium tangan tersebut. Jika dia menyentuh Rukun Yamani (sudut yang berseberangan dengan sudut Hajar Aswad) dengan tangannya, maka disunahkan untuk mencium tangannya. Tidak disunahkan untuk mencium Rukun Yamani itu, karena saya tidak mengetahui seorang pun yang meriwayatkan dari Nabi SAW bahwa beliau mencium rukun tersebut. Yang ada dalam riwayat adalah beliau hanya mencium Hajar Aswad. Tapi jika seseorang mencium rukun Yamani, maka hal itu tidak dilarang.

Imam Syafi’i berkata: Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mencium Hajar Aswad, dan dibolehkan untuk menyentuhnya tanpa mencium. Diriwayatkan dari Abu Ja’far, dia berkata, “Saya melihat Ibnu Abbas datang (ke Baitullah) pada hari Tarwiyah dalam keadaan tidak meminyaki rambutnya, dan ia mencium Hajar Aswad kemudian sujud ke arahnya. Lalu menciumnya lagi, kemudian sujud ke arahnya. Lalu menciumnya, kemudian sujud ke arahnya. Hal itu ia lakukan sebanyak 3 kali.”

Imam Syafi’i berkata: Diriwayatkan dari Ibnu Juraiz, ia berkata, “Aku bertanya kepada Atha, ‘Apakah engkau melihat salah seorang dari sahabat Nabi SAW mencium tangannya setelah menyentuh Hajar Aswad?’ Ia menjawab, ‘Ya, saya melihat Jabir bin Abdullah, Ibnu Umar, Abu Sa’id Al Khudri dan Abu Hurairah apabila mereka menyentuh Hajar Aswad dengan tangannya, mereka mencium tangannya’. Saya bertanya lagi, ‘Bagaimana dengan Ibnu Abbas?’ Ia menjawab, ‘Ya, dia juga sering melakukannya’. Saya bertanya lagi, ‘Kenapa saya melihat Anda tidak pernah mencium tangan Anda?’ Ia menjawab, ‘Barangkali saya tidak pernah menyentuhnya (Apabila tangan seseorang tidak menyentuh Hajar Aswad, maka tangan tersebut tidak disunahkan untuk dicium—peneq.)’.”

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *